Jumat, 28 Januari 2011

Asal-usul warna kotum Barcelona

    
            Salah satu unsur yang paling khas dari FC Barcelona adalah warna seragam.Scarlet dan biru memiliki fitur pada kemeja klub selama lebih dari seratus tahun dan klub secara luas dikenal sebagai 'Blaugrana' merujuk pada nama-nama warna dalam bahasa Catalan.Namun, walaupun baju tetap relatif konstan dalam desain selama bertahun-tahun, tim celana pendek berkulit putih selama sepuluh tahun pertama sejarah klub, kemudian beralih ke hitam, dan hanya biru dari tahun 1920 dan seterusnya.
Bukan hanya mengapa Barca awalnya memilih untuk memakai baju warna ini telah bahan perdebatan di kalangan sejarawan klub, dan walaupun beberapa teori telah diajukan, tak seorang pun pernah berhasil untuk memberikan bukti substansial bahwa warna yang dipilih untuk alasan simbolik .
         Tentu, sebagian besar teori-teori terkait dengan fondasi dan asal klub. Misalnya, diklaim selama beberapa tahun bahwa warna Barca diadopsi dari klub Swiss yang Gamper telah didirikan sebelumnya dalam hidupnya, atau bahwa mereka adalah warna canton Swiss yang pendiri adalah dari..Kita sekarang tahu bahwa hipotesis ini sangat tidak mungkin benar.
          Ada lagi teori umum tetapi terbukti bahwa pendiri berdasarkan pilihan mereka pada warna pensil akuntansi biru dan merah yang sangat populer pada saat itu. Dan ada saran lebih membosankan lainnya, misalnya satu yang mempertahankan bahwa ibu saudara-saudara Comamala memasok pemain dengan ikat pinggang merah dan biru sehingga mereka bisa membedakan antara satu sama lain pada hari-hari sebelum mereka telah kit sendiri. Namun, seperti yang dinyatakan sebelumnya, tidak ada teori-teori ini pernah berhasil memberikan bukti konklusif dari mengapa hal itu bahwa Barca menggunakan warna-warna dari sangat nya hari-hari awal. Tapi apa bisa yakin adalah bahwa baju Barca telah pergi untuk menjadi salah satu desain baju yang paling dikenal dan misterius di dunia sepakbola. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar